-->

iklan bawah header

Jangan Sampai Rusak, Tips Merawat Shockbreaker Motor Agar Awet dan Nyaman Digunakan

Shockbreaker merupakan salah satu perangkat pada motor yang berfungsi untuk menjaga kenyamanan dan keamanan saat berkendara, sehingga keberadaannya sangat vital. Sangat penting dalam perawatan pada shockbreaker karena berkaitan langsung dengan kestabilan sepeda motor. Komponen ini berperan penting terutama saat Anda sebagai pengendara melewati jalanan yang tidak rata atau bergelombang bahkan berlubang. Tanpa adanya shockbreaker, tentu kenyamanan selama berkendara akan dipertaruhkan. 

Sama seperti komponen lain pada motor yang lainnya. Pada shockbreaker juga akan mengalami kerusakan jika dalam berkendara ugal-ugalan selama di jalan saat melewati jalan berlubang ataupun polisi tidur. Menggunakan motor melebihi muatan juga dapat merusak shockbreaker lambat laun. 

Shockbreaker yang bermasalah tentu akan tidak nyaman digunakan saat berkendara sendiri maupun boncengan. Apalagi saat berkendara Anda harus menikung, shockbreaker yang kondisi baik sangat dibutuhkan agar motor tidak oleng dan tidak membuat terjatuh. Berikut ini merupakan ulasan mengenai mengganti oli shockbreaker .


Tips Merawat Shockbreaker Pada Motor 

Apabila saat berkendara dengan motor ingin nyaman dan aman, kegiatan perawatan merupakan suatu kewajiban bagi pengguna sepeda motor yang harus selalu dilaksanakan. Salah satu yang harus dirawat adalah pada bagiah sistem suspensi yaitu shockbreaker. Berikut ini beberapa tips merawat shockbreaker agar awet dan nyaman digunakan pada sepeda motor:

1. Rutin membersihkan shockbreaker 

Pada saat mencuci sepeda motor tidak hanya bagian bodi saja yang perlu dibersihkan ekstra, namun pada bagian shockbreaker perlu juga dilakukan pembersihan secara maksimal. Hal ini perlu dilakukan karena kotoran yang menempel di area shockbreaker dan sekitarnya akan dapat membuat seal dari komponen ini lecet saat bekerja. Akibat fatal dari masalah ini akan menyebabkan oli shockbreaker bisa saja bocor sehingga akan membuat kualitas pegas dari shockbreaker menurun. 

2. Rute yang jalan tidak rata dan gaya berkendara salah

Salah satu faktor yang dapat membuat umur shockbreaker pendek adalah kondisi jalan yang dilewati. Kondisi jalanan yang halus akan membuat shockbreaker lebih awet dan tidak mudah rusak. Sedangkan jika memilih rute yang jalanannya jelek, berbatu, atau berlubang maka dapat membuat shockbreaker lebih cepat rusak.  

Gaya berkendara ngebut di jalanan yang tidak rata akan membuat shockbreaker bekerja dengan sangat keras lebih dari biasanya. Yang paling parah bisa saja shockbreaker menjadi bengkok yang tentu tidak akan bisa bekerja dengan optimal.

Hal ini bukan hanya berlaku pada komponen shockbreaker saja, namun juga bisa mempengaruhi komponen lain pada motormu juga. 

3. Tidak perlu pasang anting motor di shockbreaker belakang 

Jangan memasang anting di shockbreaker belakang motormu agar motor terlihat tinggi. Selain membuat orang yang membonceng merasa kurang nyaman karena posisi jok belakang meninggi, aksesoris anting shockbreaker dapat membuat shockbreaker tidak berfungsi secara optimal atau bahkan menghilangkan fungsi dari shockbreaker itu sendiri. 

4. Perhatikan stanchion 

Perhatikan kondisi stanchion atau tabung silinder pada shockbreaker depan agar jangan sampai kotor. Jangan bebani dengan kunci cakram yang terlalu rapat karena dapat membuat tabung silinder mengecil dan menjepit batang shockbreaker. 

5. Jangan melebihi beban bawaan pada motor 

Membawa beban bawaan yang berat akan mengakibatkan penurunan fungsi dari suspensi shockbreaker motor dan membuat shockbreaker-mu bekerja dengan lebih dari batasnya. Pastikan bobot sesuai dengan batas maksimal sepeda motor 

6. Ganti oli shockbreaker sesuai prosedur 

Apabila suspensi motormu sudah tidak prima kinerjanya, bisa jadi pegas yang ada di dalamnya sudah butuh diberikan oli lagi. Umumnya oli shockbreaker diganti setiap 2-3 tahun sekali. Namun apabila sudah mulai tidak nyaman maka jangan menunda servis shockbreaker


Demikian pembahasan kali ini mengenai bagaimana tips merawat shockbreaker pada motor agar awet dan nyaman digunakan. 

Salam Teknika!

0 Response to "Jangan Sampai Rusak, Tips Merawat Shockbreaker Motor Agar Awet dan Nyaman Digunakan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel