-->

iklan bawah header

Berikut Arti Kode Sekring Mobil Toyota Avanza & Posisinya

Sekring mobil adalah komponen penting dalam sistem listrik mobil yang berfungsi untuk melindungi perangkat elektronik dan kabel-kabel listrik dari kerusakan akibat arus listrik yang berlebihan. Sekring ini bekerja dengan cara memutuskan aliran listrik jika terjadi overcurrent atau lonjakan arus yang melebihi kapasitas yang ditentukan. Hal ini dapat mencegah terjadinya korsleting, kebakaran, atau kerusakan pada komponen elektronik mobil. 

Sekring mobil biasanya terbuat dari bahan yang dapat meleleh pada suhu tertentu ketika arus listrik melebihi batasnya. Ketika sekring meleleh, maka jalur arus listrik terputus, sehingga aliran listrik terhenti dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada perangkat elektronik atau kabel-kabel mobil. 

Setiap mobil memiliki berbagai jenis skering yang berbeda untuk berbagai sistem dan perangkat elektronik di dalamnya. Sekring-sekring ini terletak dalam kotak sekring yang biasanya terletak di dalam ruang mesin atau di dalam kabin mobil. Sekring-sekring ini harus diganti jika terjadi kerusakan atau jika terjadi overcurrent yang menyebabkan sekering tersebut meleleh.

Masalah kelistrikan mobil yang timbul karena masalah sekring, kerap kali hanya berupa masalah-masalah kecil yang umumnya tidak rumit juga tidak terlalu berbahaya apabila penanganannya benar. Penanganan termudah saat sekring mobil putus adalah dengan mengganti sekring  yang baru. Perlu diingat bahwa mengganti sekring mobil juga tidak boleh sembarangan, harus mengikuti aturan dan prosedur penggantian sekring yang benar untuk mencegah korslet yang bisa mengakibatkan mobil terbakar. 

Oleh karena itu, kita juga harus memahami arti kode sekring mobil yang kita gunakan untuk memudahkan dalam mengganti sekring mobil. Setiap sekring pada mobil memiliki arti dan kode khusus yang akan menunjukkan besaran arus listrik yang di tolerir teragantung dari penggunaannya. 

Arti kode sekring mobil untuk tiap-tiap merek berbeda dan tidak sama, pada artikel kali ini hanya akan membahas arti kode sekring mobil yang dipasang pada mobil Toyota Avanza (2011-2014), sehingga apabila Anda memiliki masalah terkait kelistrikan pada mobil Toyota Avanza akan memberikan gambaran dalam mencari solusi. Berikut merupakan pembahasan mengenai arti kode sekring pada mobil Toyota Avanza.


ARTI KODE SEKRING AVANZA DI MESIN

Langkah pertama apabila ingin mengetahui posisi sekring avanza pada mesin adalah dengan membuka kap mesin. Posisi kotak sekring berada pada sebelah kanan mobil. 


Untuk konstruksi dari letak sekring pada mobil Toyota Avanza (2011-2014) adalah sebagai berikut:

Berikut penjelasan mengenai masing-masing kode sekring pada mobil Toyota Avanza (2011-2014):

No Kode Sekring Ampere Sirkuit / Komponen
1 H-LP RH 10A Lampu besar sebelah kanan (lampu headlamp kanan)
2 H-LP LH 10A Lampu besar sebelah kiri (lampu headlamp kiri)
3 (ABS NO. 2) 30A Anti-lock brake system
4 EFI 15A Sistem injeksi bahan bakar, bahan bakar sequential multiport, sequential multiport/sistem injeksi, pompa bahan bakar
5 (A/C NO.1) 10A Sistem air conditioner
6 TAIL 10A Lampu belakang, lampu posisi depan, lampu plat nomor polisi, lampu kabut depan, sistem injeksi bahan bakar sequential multiport/sistem injeksi bahan bakar sequential multiport
7 HORN (KLAKSON) 10A Klakson
8 (FR FOG) 20A -
9 (ECU-B) 10A Transmisi Otomatis
10 STOP 10A Lampu rem, lampu interior, lampu rem hight mounted, sistem injeksi bahan bakar sequential multiport/sistem injeksi bahan bakar sequential multiport, anti-lock brake system dan sistem kontrol shift lock.
11 BACK UP 10A Sistem diagnosis on-board, meter, sistem audio
12 IG1 40A -
13 AM2 30A -
14 HTR 40A Sistem air conditioner
15 SPARE (CADANGAN) 15A Sekring cadangan
16 SPARE (CADANGAN) 10A Sekring cadangan
17 SPARE (CADANGAN) 7.5A Sekring cadangan
18 EPS 50A Electric Power Steering
19 AM1 50A -
20 (ABS NO. 1) 40A Anti-lock brake system
21 RAD 30A Kipas pendingin radiator elektrik


ARTI KODE SEKRING AVANZA DI KABIN

Letak dari sekring avanza yang berada pada kabin berada di bawah kemudi sebelah kanan. Tarik penutup untuk melihat kode dari sekring.

Berikut merupakan kode sekring pada kabin di mobil Toyota Avanza (2011-2014):

No Kode Sekring Ampere Sirkuit / Komponen
1 POWER 30A Power Window
2 (HTR SUB) 7.5A Sistem injeksi bahan bakar sequential multiport/sistem injeksi bahan bakar sequential multiport, sistem air conditioner
3 IG1/BACK 7.5A Flasher darurat, lampu mundur, sistem air conditioner, sistem starting, meter
4 ECU IG1 7.5A Anti-lock brake system, SRS airbag system, electric power steering
5 (DEF) 20A Defogger kaca belakang
6 (D/L) 15A Sistem power door lock
7 HAZARD 10A Lampu Sein (lampu tanda belok)
8 (CIG) 15A Power outlet (Cigarrete lighter)
9 ACC 10A Sistem audio, sistem kaca spion luar, shift lock control system
10 ST 7.5A Sistem injeksi bahan bakar multiport/sistem injeksi bahan bakar sequential multiport, Starter
11 (FR FOG RH) 7.5A Lampu kabut (Foglamp) depan sebelah kanan
12 (FR FOG LH) 7.5A Lampu kabut (Foglamp) depan sebelah kiri
13 E/G 10A Sistem injeksi bahan bakar sequential multiport/sistem injeksi bahan bakar sequential multiport, pompa bahan bakar, kipas pendingin elektrik
14 ECU IG2 10A Meter, transmisi otomatis, sistem kontrol shift lock
15 (A/C NO.2) 10A Sistem Air Conditioner (AC)
16 FR WIP 20A Wiper dan Washer kaca depan
17 (RR WIP) 15A Wiper dan Washer kaca belakang


Demikian pembahasan kali ini mengenai arti kode sekring pada mobil Toyota Avanza (2011-2014). Semoga dapat bermanfaat apabila ditemui masalah terkait dengan kelistrikan pada mobil.

Salam Teknika!

0 Response to "Berikut Arti Kode Sekring Mobil Toyota Avanza & Posisinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel