-->

iklan bawah header

Cara Menambah dan Mengganti Oli Shockbreaker Depan Sepeda Motor

Shockbreaker merupakan salah satu perangkat pada motor yang berfungsi untuk menjaga kenyamanan dan keamanan saat berkendara, sehingga keberadaannya sangat vital. Sangat penting dalam perawatan pada shockbreaker karena berkaitan langsung dengan kestabilan sepeda motor. Komponen ini berperan penting terutama saat Anda sebagai pengendara melewati jalanan yang tidak rata atau bergelombang bahkan berlubang. Tanpa adanya shockbreaker, tentu kenyamanan selama berkendara akan dipertaruhkan. 



Sama seperti komponen lain pada motor yang lainnya. Pada shockbreaker juga akan mengalami kerusakan jika dalam berkendara ugal-ugalan selama di jalan saat melewati jalan berlubang ataupun polisi tidur. Menggunakan motor melebihi muatan juga dapat merusak shockbreaker lambat laun. 

Shockbreaker yang bermasalah tentu akan tidak nyaman digunakan saat berkendara sendiri maupun boncengan. Apalagi saat berkendara Anda harus menikung, shockbreaker yang kondisi baik sangat dibutuhkan agar motor tidak oleng dan tidak membuat terjatuh. Berikut ini merupakan ulasan mengenai mengganti oli shockbreaker .


CARA MERAWAT SHOCK BREAKER 

Apabila ingin nyaman dan aman dalam berkendara, perawatan merupakan suatu kewajiban bagi pengguna sepda motor. Salah satu yang harus dirawat adalah pada bagiah sistem suspensi. Lalu, bagaimana cara merawat oli shock breaker depan agar tetap maksimal? 

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memastikan kondisi dari volume oli shock breaker tetap berada di angka maksimal. Rata-rata, volume standar oli shock breaker depan harus berada di level 75 ml, atau paling tidak berada di level 70 ml. Apabila kurang dari itu, maka segera mengganti dengan yang baru atau menambahkan apabila kurang. 
  • Rutin membersihkan dari kotoran atau debu yang menempel pada bagian shockbreaker. Dengan cara ini akan membuat kinerja dari shockbreaker tidak terganggu dan memperpanjang masa pakai.


CARA MENGGANTI OLI SHOCK BREAKER

Apabila shockbreaker sudah saatnya melakukan apenggantian atau penambahan oli. Berikut merupakan cara mengganti oli shock breaker sendiri cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah dengan trik berikut ini. 

  1. Lepaskan ban dan spakbornya agar lebih mudah saat melakukan pergantian.
  2. Dengan menggunakan kunci L, kendorkan baut yang berada diujung bawah shockbreaker, kemudian copot satu persatu komponen di dalamnya, termasuk per dari shockbreaker sepeda motor.
  3. Lepaskan baut L yang sudah dikendorkan, dan kemudian keluarkan semua oli di dalamnya hingga benar-benar bersih. 
  4. Tarik bagian tabung shockbreaker (biasanya berwarna mengkilap atau beraksen krom) hingga lepas, kemudian bersihkan bagian as tabung tersebut dengan kain halus. Catatan:  pada bagian ini jangan sampai tergores agar terhindar dari kebocoran oli. 
  5. Periksa komponen seal shock breaker dan pastikan kualitasnya basih bagus. Apabila terlihat karat atau sudah rusak, maka segera ganti dengan seal baru. 
  6. Pasang kembali as dan bagian lainnya, kemudian isi oli lewat baut L yang tadi di lepas. 
  7. Pasang kembali baut dan bagian lainnya, termasuk bagian gasket yang berfungsi untuk mencegah oli bocor. 


Untuk perawatan harian, pastikan agar pada bagian shockbreaker tetap bersih dengan cara di lap kering atau dicuci dengan air mengalir. Selain itu, pastikan beban sepeda motor tidak terlalu maksimal, dan sebisa mungkin hindari jalanan berlobang.

Demikian pembahasan kali ini mengenai cara menambah atau mengganti oli shockbreaker sepeda motor. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Salam Teknika!

0 Response to "Cara Menambah dan Mengganti Oli Shockbreaker Depan Sepeda Motor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel