-->

iklan bawah header

Ini Dia Penyebab Karburator Banjir & Solusi Mengatasi

Dalam sistem bahan bakar konvensional yang masih menggunakan karburator, merupakan hal penting dan wajib diketahui fungsi kerja komponen tersebut dikarenakan kerja dari sistem bahan bakar bergantung dari sistem karburator. 

Karburator adalah suatu komponen dalam mesin kendaraan bahan bakar konvensional yang berperan penting dalam proses suplay campuran bahan bakar dengan udara. Karburator memiliki fungsiyang paling utama adalah melakukan karburasi (percampuran) bensin ke dalam hembusan udara yang yang masuk ke ruang  bakar melalui saluran intake. 

Fungsi karburator tidak hanya memasukan bahan bakar dan udara dalam ruang bakar, tetapi karburator juga berfungsi untuk mengkarburasi, yaitu proses mencampurkan bahan bakar dengan udara secara homogen, yang bertujuan agar molekul bensin bisa tersebar secara merata pada udara yang terhembus didalam intake manifold. Semakin homogen atau semakin rata campuran molekul bahan bakar dan udara, maka semakin baik pula dalam proses pembakaran.


PENYEBAB KARBURATOR BANJIR

Berikut merupakan pembahsan mengenai penyebab karburator banjir dan bagaimana mengatasinya. Terdapat ciri-ciri yang menandakan saat terjadi banjir pada karburator, diantaranya adalah pada bodi karburator akan terlihat basah disebabkan bensin keluar melalui lubang hawa. Ciri yang lain adalah bensin akan sulit masuk ke ruang bakar sehingga mesin pun jadi sulit untuk dihidupkan. 

Sehingga jika Anda menemukan ciri ini, maka sebaiknya segera cari tahu penyebabnya, dengan begitu langkah perbaikan bisa segera dilakukan. Berikut merupakan beberapa penyebab banjir pada karburator: 

1. Salah dalam merakit karburator 

Hal yang dapat membuat karburator banjir yang paling umum terjadi adalah kesalahan dalam merakit karburator setelah dilakukan pembongkaran. Perakitan yang tidak tepat sering terjadi apabila tidak mengetahui konstruksi saat perakitan, ketidaktepatan dalam merakit mengakibatkan beberapa hal seperti pelampung karburator yang terjepit. Apabila hal ini terjadi maka pelampung karbuartor tidak bekerja untuk menggerakan jarum pelampung apabila bensin sudah penuh diruangan. Akibaynya pengisian bahan bakar terus berlanjut dan menciptakan kebocoran. 

Solusi  dalam mengatasi hal ini dengan memasang ulang karburator dengan tepat. Disarankan  dilakukan di bengkel resmi atau oleh mekanik yang sudah berpengalaman. 

2. Kran bensin rusak 

Kran bensin seharusnya memiliki sistem buka tutup saat motor dinyalakan sehingga bensin dapat diatur penggunaannya. Kondisi dari kran yang rusak akan membuat aliran bensin terjadi terus menerus saat mesin menyala ke karburator. Akibatnya adalah banjir pada bagian karburator. 

Solusi apabila ada kerusakan pada kran bensin ini hanya bisa diperbaiki dengan mengganti dengan yang baru. 

3. Kondisi jarum pelampung yang aus 

Pada karburator dilengkapi dengan jarum pelampung untuk menutup saluran bensin pada saat suplai sudah penuh di ruang karburator. Kerusakan pada jarum ini wajar karena terbuat dari karet dan bisa saja sudah aus dalam penggunaanya. Jarum juga dapat diselimuti kotoran karena penggunaan bahan bakar tidak sesuai dan kualitas buruk sehingga kerak akan menempel pada jarum mengakibatkan penutupan saluran bensin tidak sempurna. 

Solusi apabila penyebab karburator banjir pada jarum yang sudah aus maka perlu dilakukakn penggantinya. Namu apabila hanya kotor maka dibersihkan saja. 

4. Spring needle valve patah 

Jarum pada pelampung tidak hanya bisa aus atau kotor namun juga bisa saja patah. Meskipun jarum pelampung terbuat dari bahan logam, namun dalam penggunaan dapat patah terjadi pada sambungan dengan pelampung. 

Solusi ketika patah hanya dengan mengganti yang baru satu paket dengan pelampung dan bersihkan_karburator. 

5. Salah dalam menyetel pelampung karburator 

Jika jarum karburator berfungsi untuk menutup saluran bensin, ada juga komponen pelampung. Komponen ini fungsinya adalah sebagai indikator jumlah bahan bakar yang ada di reservoir. Penyetelan pelampung harus dilakukan dengan tepat, apabila salah seperti terlalu rendah maka bensin yang seharusnya masuk ke ruang bakar tidak akan terkontrol membuat banjir keluar melalui selang buang di bawah bak karburator. 

Solusi untuk mengatasi masalah ini dengan penyetelan pelampung karburator harus diperbaiki, sama seperti memasang ulang pelampung karburator dengan benar. Pemasangannya harus pas dan tidak boleh terlalu rendah. 

6. Pelampung karburator bocor 

Pelampung karburator didesain agar bisa mengontrol permukaan bahan bakar di ruang pelampung. Kerusakan yang paling sering pada pelampung karburator adalah kebocoran. Apabila bocor maka pelampung tidak dapat mengambang dan mengatur tinggi rendahnya permukaan bensin dalam ruang pelampung. Hal ini berdampak pada jarum pelampung atau needle valve yang seharusnya menutup lubang bensin tidak bekerja. Sehingga bensin yang ada di ruang pelampung akan terus menerus mengalir  dan mengakibatkan banjir. 

Solusi dari masalah ini dengan mengganti pelampung dengan yang baru karena kebocoran pelampung tidak bisa diperbaiki.

7. Kondisi seal mangkok karburator mengeras 

Kondisi dari seal pada mangkuk karburator yang sudah mengeras akibat penggunaan juga dapat mengakibatkan banjir karena bocor. Fungsi dari karet seal untuk menutup bak karburator sehingga bensin tidak keluar, ketika sudah tidak bisa menutup karburator dengan baik maka mengakibatkan rembesan bensin sehingga karburator akan bocor dan  banjir.

Solusi perbaikan dengan mengganti dengan seal yang baru dan sesuai dengan karburator.

8.  Kerusakan selang pembuangan 

Kerusakan pada selang yang sering terjadi adalah posisi pemasangan tidak kencang yang mengakibatkan bensin menetes terus menerus sehingga bensin akan terbuang percuma dan cara memperbaiki hanya dengan mengencangkan selang saja. Namun bisa juga selang rusak dikarenakan terjadi penyumbatan sehingga bensin akan naik ke atas melainkan keluar melalui lubang hawa lalu masuk ke ruang bakar. 

Solusi dengan mengecek kembali apakah benar terjadi penyumbatan atau tidak, segera perbaiki jika memang rusak agar sistem pembuatan karburator berjalan dengan lancar. 

9. Kondisi karburator yang sudah rusak 

Kerusakan paling sering pada karburator disebabkan oleh karat atau kotoran yang telah mengerak menempel pada sistem. Karburator yang sudah rusak tidak bisa diperbaiki atau hanya dibersihkan dari kerak saja, tetapi harus menggantinya dengan yang baru apabila parah kerusakan. 


Demikian pembahasan kali ini mengenai penyebab karburator banjir dan solusinya. Semoga bermanfaat apabila ditemui masalah tersebut, walaupun sudah tahu apa solusinya sebaiknya jangan lakukan perbaikan sendiri jika tidak paham tentang mesin.

Salam Teknika!

0 Response to "Ini Dia Penyebab Karburator Banjir & Solusi Mengatasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel