-->

iklan bawah header

Penyebab dan Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil Rusak

Dinamo starter adalah sebuah komponen yang digunakan dalam sistem penggerak mesin mobil untuk memulai mesin dengan menggunakan listrik. Kerja dari dinamo starter dengan cara mengubah energi listrik baterai menjadi energi mekanik yang digunakan memutar kruk as mesin untuk memulai proses pembakaran. 

Letak dari dinamo starter biasanya di bawah mesin mobil dan terhubung dengan flywheel yang berada di ujung kruk as mesin. Saat tombol starter diaktifkan, maka dinamo starter akan menggerakkan gigi pinion untuk menghubungkan dengan flywheel dan memutar kruk as mesin untuk memulai mesin. Setelah mesin berhasil hidup, kerja dinamo starter akan otomatis mati dan kembali ke posisi semula. 



FUNGSI DINAMO STARTER

Fungsi utama dari dinamo starter adalah untuk memulai mesin mobil dengan mengubah energi listrik baterai menjadi energi mekanik yang diperlukan untuk memutar kruk as mesin. Beberapa fungsi dinamo starter lainnya meliputi: 

  1. Memberikan putaran awal pada mesin yang akan membuat sistem pembakaran mulai berjalan dan mesin dapat hidup. 
  2. Menyediakan daya listrik untuk mengisi kembali baterai mobil dan menyediakan daya listrik untuk sistem kelistrikan mobil. 
  3. Menjaga keamanan yang dilengkapi dengan beberapa perlindungan seperti saklar pengaman dan pelindung termal untuk mencegah kerusakan pada sistem starter dan mencegah kebakaran. 
  4. Memperpanjang usia baterai dengan menggunakan dinamo starter, baterai mobil tidak perlu ditarik terlalu lama saat memulai mesin mobil. Hal ini dapat membantu memperpanjang usia baterai mobil. 
  5. Menghemat tenaga dengan menggunakan dinamo starter, proses memulai mesin menjadi lebih mudah dan efisien daripada memutar kruk as secara manual dengan tuas starter yang dioperasikan secara manual. 
Secara keseluruhan, dinamo starter sangat penting untuk memastikan mesin mobil dapat dihidupkan dengan mudah dan aman, dan juga membantu menjaga kinerja sistem kelistrikan mobil.


PENYEBAB DINAMO STARTER RUSAK

Dan biasanya ada beberapa masalah yang terjadi pada dinamo starter jika dilihat dari berbagai sudut pandang. Dengan adannya masalah yang sering terjadi pada dinamo starter mobil ini, tentu saja cara memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak pun akan berbeda-beda cara penangangannya. 

Nah untuk kalian yang penasaran bagaimana cara memperbaiknya, mungkin ada baiknya ketahui dahulu beberapa penyebab kerusakan dinamo starter mobil jika dilihat dari masalah yang sering terjadi pada dinamo starter seperti kami tulis diatas. 

1. Dinamo starter mati saat starter diaktifkan

Gejala umum ini sering dijumpai apabila kita akan mengaktifkan starter namun tidak terjadi reaksi pada dinamo starter. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh berbagai macam hal diantaranya adalah :

  • Aki mobil sudah mulai soak atau mati tidak ada daya. 
  • Kondisi sekring penghubung antara dinamo dan kunci kontak putus. 
  • Putusnya sambungan kabel dinamo starter, kotor, ataupun lepas. 
  • Kunci kontak yang bermasalah. 
  • Magnetic switch, netral switch atau switch kopling dan starter relay bermasalah. 
  • Bahkan bisa saja disebabkan karena masalah pada immobilizer atau sistem keamanan mobil itu sendiri. 

2. Putaran mesin terlalu lemah 

Masalah putaran mesin yang terlalu lemah saat kunci kontak diputar ke posisi Start biasanya ditandai dengan meredupnya lampu indikator mobil. Beberapa penyebabnya masalah ini antara lain : 

  • Kondisi aki mobil sudah lemah atau bahkan sudah soak. 
  • Kondisi dari sambungan kabel dinamo starter yang kotor, lepas atau kendor. 
  • Komponen dinamo starter bermasalah. 
  • Masalah mekanikal pada mesin atau dinamo starter mobil. 

3. Dinamo starter terus berputar 

Hal ini ditandai dengan dinamo starter mobil yang terus berputar meskipun kunci kontak kembali ke posisi ON. Beberapa penyebab dinamo starter mobil berputar terus antara lain : 

  • Pinion gear atau ring gear mengalami kerusakan. 
  • Plunger dalam magnetic swtich yang rusak atau bermasalah. 
  • Masalah pada bagian kunci kontak atau kontrol sirkuit. 

4. Mesin tidak hidup meskipun dinamo starter berputar

Kondisi apabila dinamo starter bisa berputar, namun mesin tidak bisa hidup. Beberapa penyebab kerusakan ini karena : 

  • Terjadinya kerusakan pada bagian over running clutch dalam dinamo starter mobil. 
  • Terjadi kerusakan pada pinion gear dan ring gear. 

5. Dinamo yang tidak terhubung atau terlepas 

Dinamo starter yang tidak mau terhubung atau terlepasnya dengan bagian mesin (fly wheel). Hal ini biasnaya sering ditandai dengan munculnya suara cetek-cektek saat distarter. Beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi ini : 

  • Kerusakan pada bagian magnetic switch dalam dinamo starter mobil. 
  • Terminal kunci kontak yang terhubung ke starter lengket karena kotoran sehingga membuatnya terus menempel. 


CARA MEMPERBAIKI DINAMO STARTER

Apabila sudah mengetahui beberapa penyeba dari kerusakan pada dinamo starter, pastinya perlu langkah dalam memperbaikinya. Berikut ini beberapa cara dalam memperbaiki dinamo starter.

1. Memeriksa Kondisi klem aki 

Pemeriksaan klem aki mobil bertujuan untuk memastikan tidak kendor dan atau lepasnya klem dengan terminal. Berikut ini beberapa cara memperbaiki dinamo starter mobil dari klem aki :

  • Lakukanlah pemeriksaan pada bagian klem aki yang ada pada terminal positif (+) dan negatif (-). 
  • Lakukanlah pemeriksaan rangkaian kelistrikan pada dinamo starter, pastikan tidak ada kabel yang kendor, putus, kotor ataupun terlepas. 
Apabila sudah dilakukan pemeriksa namun tidak membuahkan hasil, maka bisa saja dikarenakan kondisi aki mobil soak sehingga harus memperbaiki aki mobil tersebut atau menggantinya dengan aki baru. 

2. Memeriksa kondisi kabel aki mobil 

Sebelum melakukan pemeriksaan pada kabel, periksa dahulu tegangan aki mobil dengan menggunakan alat ukur multitester untuk mengetahui kondisi tegangan setrum aki apakah sesuai dengan spesifikasi tidak. Pastikan melakukan pemeriksaan pada bagian kabel aki mobil, cek semua kabel terhubung dengan baik. Apabila semua hal tersebut sudah kalian periksa dan mendapati hasil yang masih bagus namun dinamo starter tidak hidup, maka bisa saja dinamo starter memang mati dan harus diganti. 

3. Memeriksa soket otomatis 

Melakukan pemeriksaan pada soket otomatis yang terdapat pada bagian dinamo starter dengan cara melakukan pengecekan beberapa bagian seperti berikut ini : 

  • Melakukan pemeriksaan soket otomatis yang terdapat pada bagian dinamo starter yang biasanya akan terdapat kabel kecil yang terhubung dengan bagian dinamo. 
  • Melakukan pemeriksaan kembali kondisi kabel otomatis tersebut. Pastikan masih dalam kondisi baik, jika tidak segera ganti dengan yang baru. 
  • Periksa pula bagian sekring dan juga bagian relay, pastikan terdengar bunyi cetek-cetek pada saat kunci kontak diputar ke bagian starter. 

4. Melakukan jumper aki mobil 

Cara memperbaiki dinamo starter yang rusak berikutnya adalah dengan cara melakukan jumper aki mobil. Dinamo starter mobil akan berputar apabila ada arus listrik yang mencukupi pada bagian aki mobil. Sehingga apabila arus tersebut kurang, maka salah satu caranya dengan menjumper aki mobil.


Demikian pembahasan kali ini mengenai penyebab dan cara memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Salam Teknika! 

0 Response to "Penyebab dan Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil Rusak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel