-->

iklan bawah header

Ciri-Ciri Koil Mobil Lemah / Rusak dan Cara Mengatasinya

Koil mobil - Koil pengapian adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan dalam sistem pengapian pada mesin bensin. Fungsinya adalah untuk menghasilkan arus listrik yang cukup besar untuk menyalakan busi yang digunakan untuk menyalakan bahan bakar di dalam silinder mesin. Koil pengapian terdiri dari dua bagian utama, yaitu primer dan sekunder. Bagian primer menerima arus listrik dari baterai, sedangkan bagian sekunder mengirim arus listrik yang cukup besar ke busi.


Fungsi Koil Mobil Fungsi Koil Mobil - 

Fungsi koil pengapian adalah untuk mengubah arus listrik yang rendah dari baterai menjadi arus listrik yang cukup besar antara 20k – 30k volt untuk menyalakan busi pada mesin bensin. Arus listrik yang dihasilkan dari koil pengapian digunakan untuk menyalakan bahan bakar di dalam silinder mesin, sehingga menghasilkan tenaga yang dibutuhkan untuk menggerakkan mesin. Selain itu, koil pengapian juga berfungsi sebagai sistem pengaman pada mesin dengan membatasi arus listrik yang melewati busi agar tidak terlalu besar sehingga menghindari kerusakan pada mesin.


Efek Timbul Saat Koil Mobil Lemah 

Karena tugas dari koil yang menghasilkan tegangan listrik besar untuk membuat percikan api di dalam busi sempurna, maka kondisi koil mobil benar-benar harus di jaga. Apabila tidak, pasti akan banyak efek samping dan timbul masalah pada mobil. 

Berikut beberapa masalah apabila koil mobil sudah mulai lemah atau bahkan rusak antara lain seperti : Tenaga mesin mulai berkurang. 

  1. Mesin mobil brebet / pincang. 
  2. Saat mesin dingin (biasanya di pagi hari) mobil akan sulit di hidupkan. 
  3. Boros penggunaan bahan bakar. 
  4. Sering mati mendadak. 


Ciri-Ciri Koil Mobil Lemah 

Ada beberapa ciri-ciri yang dapat dilihat untuk mengetahui bahwa koil pengapian mengalami masalah atau lemah, diantaranya :

1. Percikan Api Busi Kecil 

Busi dapat menjadi pertanda apabila ada masalah pada koil pengapian. Koil pengapian menjadi bagian paling penting di sektor pembakaran dimesin. Ketika busi mengeluarkan percikan api yang kecil meskipun sudah di ganti dengan busi baru dan tetap percikan api masih kecil. Maka dapat dipastikan merupakan tanda dan ciri ciri koil yang telah lemah. 

2. Koil Menjadi Panas 

Kontruksi koil yang dibuat dalam satu lilitan primer dan sekunder menjadikan kondisi ini seharusnya aman dari panas yang berlebih. Jika terdapat keadaan koil terasa panas, hal tersebut dapat terjadi akibat adanya bagian yang sudah mulai melemah. Sehingga dapat menyebabkan suhu menjadi panas dan akan mulai meningkat karena tegangan tidak mengalir secara sempurna pada lilitan. 

3. Starter Lebih Lama

Koil pengapian memiliki peran penting terkait dengan performa dan segala macam urusan terkait mesin. Apabila kondisi koil mobil sudah lemah atau bahkan rusak, maka hal yang paling umum dan sering dirasakan adalah saat starter mobil sedikit lebih lama atau bahkan sulit. 

4. Muncul Percikan Api Pada Koil 

Konstruksi dari koil yang terbuat dari bahan kawat khusus yang terbungkus lapisan isolator dan dibuat menggulung dapat menjadikan kondisi kawat akan saling berdempetan satu bagian dengan bagian lainnya. Apabila kondisi dari lapisan kawat terkelupas, maka dapat dipastikan suhu panas akan meningkat dan dapat memunculkan percikan api. Sehingga apabila saat menghidupkan mesin mobil dan melihat adanya percikan api dikoil, dapat dipastikan koil mobil lemah atau rusak. 

5. Mesin Mobil Sulit Hidup 

Selain ditunjukan dengan kondisi mesin mobil yang sangat sulit di hidupkan saat starter. Hal ini dapat terjadi karena disebabkan adanya kerusakan pada bagian koil yang tidak bekerja secara sempurna dalam menghantarkan tegangan listrik besar ke busi. 

6. Performa Mesin Tidak Stabil 

Performa mesin mobil yang mulai tidak stabil juga menjadi pertanda dari lemahnya atau rusaknya koil. Terkadang pada kondisi tertentu membuat mesin akan terasa brebet / pincang saat melaju. Segera periksa bagian pengapian koil mobil jika bermasalag. Umumnya jika kondisi seperti itu muncul merupakan tanda dari ciri bahwa koil mobil sudah lemah. 

7. Mesin Mati Mendadak 

Kondisi koil mobil lemah dapat membuat mesin mati secara mendadak.Cek pada sistem pembakaran dan sistem pengapian terutama suplai tegangan dari koil apakah lemah atau tidak. 

8. Boros Bahan Bakar 

Kondisi koil mobil sudah lemah juga dapat mempengaruhi dari pemakaian bahan bakar yang akan boros. Cek apakah koil berfungsi dengan optimal atau tidak pada sistem pengapian.


Cara Mengatasi Koil Mobil Lemah 

Setelah mengetahui beberapa ciri-ciri dari akibat koil lemah/bermasalah. Berikut beberapa hal yang dapat dipakai untuk mengatasi masalah koil mobil lemah atau bermasalah, antaranya seperti :

  • Membawa ke bengkel untuk dilakukan penggantian apabila koil mobil benar-benar sudah harus di ganti. 
  • Memberikan cairan anti karat pada sisi koil mobil yang bersentuhan langsung dengan pegas. 
  • Membersihkan ujung pegas pada batang koil.
  • Cek selalu tahanan kumparan sekunder maupun primer apakah susuai dengan spesifikasi atau tidak. 
Demikian pembahasan kali ini mengenai ciri-ciri dari koil mobil yang lemah atau rusak. Apabila bermanfaat silakan share ke teman-teman agar ilmu dapat bermanfaat.

Salam Teknika!

0 Response to "Ciri-Ciri Koil Mobil Lemah / Rusak dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel