-->

iklan bawah header

4 Penyebab Bunyi Berisik pada Rem Mobil dan Cara Mengatasinya

Penyebab rem berisik - Sistem rem memiliki peran yang sangat penting dalam kendaraan karena berkaiatan dengan keamanan bagi pengguna maupun pengendara kendaraan lain dalam berkendara. Sestem rem memilik fungsi dalam memperlambat dan mengehentikan laju dari kendaraan sehingga dapat berhenti.  

Adapun penggunaan dari rem sendiri harus memenuhi berbagai persyaratan untuk kinerjanya, antara lain: 

  • Rem harus mampu bekerja dengan baik. 
  • Rem harus memiliki daya cengkeram yang cukup. 
  • Dalam pemeriksaan dan perawatan yang mudah.

Kegiatan dalam perawatan dan perbaikan pada rem harus selalu dijaga dan cek secara berkala supaya kondisi rem tetap optimal dan dapat diandalkan. Salah satu kerusakan pada rem yang sering dijumpai adalah munculnya suara pada bagian sistem pengereman. Bunyi-bunyian yang tidak keras mungkin tidak akan berpengaruh dalam waktu dekat, akan tetapi jika dibiarkan dalam jangka waktu lama akan mengakibatkan kerusakan komponen penting pada rem yang parah. Dengan membiarkan kondisi rem yang tidak normal dengan jangka waktu lama akan berpotensi mengakibatkan kecelakaan jika gagal fungsi rem saat dalam perjalanan. Berikut ini merupakan beberapa penyebab dari bunyi yang timbul pada sistem rem.


Penyebab Timbulnya Suara Pada Rem Mobil

Timbulnya bunyi berisik pada rem mobil yang tidak normal saat melakukan pengereman maupun kondisi saat pedal tidak diinjak untuk segera diperbaiki segera. Apabila tidak dapat melakukannya sendiri, maka sebaiknya bawa mobil ke bengkel terpercaya. Jika ingin mencoba mengecek sendiri, berikut ini 4 kemungkinan yang dapat menyebabkan suara berisik pada rem mobil. 

1. Terdapat benda keras (asing) diantara rotor dan kaliper 

Apabila ada benda-benda keras asing seperti kerikil kecil yang terperangkap di antara piringan rotor dan caliper rem dapat menyebabkan suara berisik pada rem walau tidak menekan pedal rem sekalipun. Meskipun rem didesain agar tidak ada benda asing yang menempel, akan tetapi ada kemungkinan dapat terjadi hal tersebut.

Apabila benda tersebut hanyalah batu kerikil yang lunak, kemungkinan akan hancur sendiri oleh gesekan dan akan hilang sendiri. Akan tetapi jika benda yang terselip tersebut adalah logam atau batu keras, maka akan berisiko menyebabkan kerusakan pada piringan rotor atau komponen kaliper. Untuk mengatasi tersebut dengan cara membersihkan dan singkirkan.

2. Kondisi bantalan rem buruk 

Bantalan rem dengan harga yang murah memang selalu menggoda. Komponen yang berkaitan dengan keselamatan terpenting seperti rem, sebaiknya menggunakan komponen yang sesuai spesifikasi atau diatasnya.

Bantalan rem yang murah biasanya terbuat dari bahan berkualitas rendah, sehingga akan lebih cepat aus atau sebaliknya terlalu keras, sehingga dapat mengikis piringan rotor dan dampaknya akan menimbulkan suara berisik pada sistem rem. Beberapa bantalan berkualitas rendah memiliki komponen logam yang bisa mengikis bagian tertentu dari rotor. Untuk mengatasi dan meminimalisir terjadinya masalah berisik pada rem dengan cara selalu menggunakan komponen yang sesuai dengan spesifikasi.

3. Usia bantalan rem habis

Bantalan rem mempunyai usia pakai yang terbatas, yaitu hingga jarak tempuh rata-rata 30.000 km. Apabila tidak diperhatikan saat penggantian komponen tersebut sehingga digunakannya hingga menipis dan habis dapat berakibat buruk pada komponen lain seperti rotor dan komponen caliper. Dampaknya adalaha akan timbul suara berisik juga pada rem karena bantalan yang aus dan habis. 

Sehingga untuk menghindari hal tersebut, maka sebaiknya selalu melakukan pengecekan dan pembersihan secara rutin pada rem.

4. Mobil lama tidak berjalan

Mobil yang tidak terpakai dalam rentan waktu yang lama dan dengan kondisi rem parkir aktif dan mobil tidak disimpan di ruang tertutup akan juga dapat menimbulkan permasalahan. Kondisi dari cuaca dan udara  yang lembab akan mudah mengakibatkan korosi atau karat pada komponen rem, khususnya rotor. Karat tersebut dapat menyebar ke komponen-komponen penting dan merusaknya apabila tidak dibersihkan segera. 

Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengendarai mobil sobat secara teratur untuk mencegah kerusakan lebih dini pada komponen rem dan kaki-kaki mobil. 

Demikian pembahasan kali ini mengenai beberapa penyebab bunyi berisik pada rem mobil beserta cara mengatasinya. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. 

Salam teknika!

0 Response to "4 Penyebab Bunyi Berisik pada Rem Mobil dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel