-->

iklan bawah header

Macam-Macam Palu dan Fungsinya Lengkap dalam Peralatan Bengkel

Palu adalah sebuah alat kerja yang dalam penggunaannya untuk memaku, menempa logam, memperbaiki suatu benda, ataupun untuk menghancurkan objek lain. Alat ini pada umumnya digunakan dalam kebutuhan mekanik atau pertukangan yang berguna dalam membantu meringankan dan mempermudah pekerjaan. Peralatan ini merupakan salah satu alat hand tools yang penggunaannya hanya bisa mengandalkan atau memanfaatkan tenaga manusia. 

Palu juga bisa kita sebut sebagai martil atau jika dalam ukuran sangat besar kita menyebutnya godam. Keberadaan dari palu juga diperkirakan sudah ada pada zaman pra aksara. Dalam penggunaan palu harus sesuai dengan jenis pekerjaan yang akan dilakukan. Terdapat berbagai macam jenis palu dalam dunia mekanik maupun pertukangan. Dari setiap jenis palu pasti memiliki kelebihan dan kegunaanya sendiri. Berikut ini adalah macam-macam jenis palu yang sering digunakan dalam pekerjaan mekanik maupun pertukangan:

Macam - Macam Palu (Hammer) : 

1. Palu Paku (Nail Hammer)


Pada palu paku ini  terdapat 2 sisi atau bagian, sisi pertama yang rata digunakan untuk memukul permukaan paku, sedangkan pada bagian sisi satunya atau bagian cakar digunakan untuk mencabut paku dari benda kerja.


2. Palu Konde atau Palu Bulat 

Kepala pada palu konde terdiri dari 2 sisi atau bagian, yaitu bagian palu yang rata digunakan untuk memukul benda kerja, sedangkan pada bagian bulat digunakan membuat cekungan pada benda kerja.


3. Palu Karet 

Palu karet biasanya digunakan pada pekerjaan plat, biasanya digunakan untuk meratakan permukaan benda kerja datar diatas meja mesin frais. Kelebihan dari palu ini adalah tekanan yang ditimbulkan oleh palu ini tidak terlalu besar dibandingkan dengan palu besi.


4. Palu Plastik 

Palu plastik merupakan palu yang paling ringan. Penggunaan palu ini biasanya untuk memukul atau juga bisa meratakan benda yang lunak, tujuanya menghindari benda kerja yang lunak dari kerusakan, patah atau goresan. Misalnya dalam penggunaan ketika memukul bagian pinggir cylinder head agar lepas dari block mesin. 


5. Palu Terak (Chipping Hammer) 

Palu terak dan sikat baja dugunakan dalam membersihkan terak-terak setiap selesai pengelasan atau pada waktu akan menyambung suatu jalur las yang terputus. Pada palu terak mempunyai ujung yang berbentuk pahat dan runcing. Ujung yang runcing dipakai dalam membuang rigi-rigi pada bagian yang berbentuk sudut, sedangkan ujung yang berbentuk pahat dipergunakan pada permukaan rigi-rigi yang rata. 


6. Palu Tembaga 

Palu tembaga umumnya digunakan dalam pekerjaan perbaikan. Misalnya, mengeluarkan bagian-bagian mesin listrik tanpa harus merusaknya. Sifat dari tembaga adalah lebih lunak dibanding dengan besi. Sehingga setelah sering dipakai palu ini akan menjadi keras, untuk memperlunak kembali kepala palu harus dipijarkan atau panaskan.


7. Palu Batu (Bodem)

Palu Bodem memiliki bentuk yang kotak lonjong dengan lubang di bagian tengah untuk tempat gagang palu. Palu Bodem adalah palu yang berukuran besar dan beratnya bisa mencapai 6 kg. Palu Bodem secara umum digunakan pada industri pertambangan untuk memecah batu yang besar, menempa besi, dan lain-lain.


8. Palu Aluminum 

Palu aluminium digunakan untuk memperbaiki benda-benda yang berbau listrik. Karena seiring penggunaanya palu tembaga bisa menjadi keras untuk melunakannya kepala palu harus dipijarkan. 


9. Palu Besi Biasa 

Palu besi adalah palu yang kepalnya terbuat dari besi dan sering kita jumpai dan biasanya digunakan untuk memaku dan memperbaiki benda kerja.


10. Palu Kayu (Gaden) 



Palu ini memiliki karakteristik ringan dan cocok segala kebutuhan. Palu ini biasanya digunakan untuk pekerjaan mengukir. Untuk membuat palu ini, membutuhkan kayu yang ulet, kuat dan tidak mudah pecah. 


11. Palu Modifikasi 

Palu ini terdapat banyak sekali contohnya, dari yang berukuran kecil sampai ukuran yang besar biasanya palu ini digunakan dalam pekerjaan-pekerjaan tertentu.


Demikian pembahasan kali ini mengenai macam-macam palu dan fungsinya pada peralatan kerja. Semoga dapat bermanfaat dalam mengenal macam palu yang sering digunakan dalam teknik. 

Salam Teknika!

0 Response to "Macam-Macam Palu dan Fungsinya Lengkap dalam Peralatan Bengkel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel