-->

iklan bawah header

Macam-Macam Kunci Socket (Shocket Wrench) dan Fungsinya Lengkap dalam Peralatan Bengkel

Hand tools – Sering kita dengar istilah hand tools dalam dunia teknik salah satunya adalah pada bidang otomotif di pekerjaan yang banyak melibatkan alat bantu tersebut. Fungsi dari special tools atau alat bantu dalam dunia otomotif adalah digunakan dalam meringankan perkerjaan bengkel. Dikenal dengan beberapa jenis peralatan yang berfungsi dalam merawat kendaraan, mulai dari power tools, special service tools, hingga yang paling banyak digunakan, hand tools. 

Apa yang dimaksud dengan hand tool ini? Sesuai namanya, peralatan yang disebut hand tool berarti dioperasikan dengan tenaga tangan manusia. Banyak alat yang ditemukan pada bengkel otomotif yang termasuk dalam jenis hand tools, salah satunya adalah kunci socket atau shocket wrench. Kunci  socket merupakan alat bantu yang dioperasikan berfungsi membuka atau mengencangkan suatu komponen baut atau mur yang paling banyak dipakai dalam pekerjaan bengkel. Berikut ini merupakan berbagai jenis macam kunci socket atau shocket wrench yang digunakan dan dikategorikan hand tools. 


PENGERTIAN KUNCI SOCKET (SHOCKET WRENCH)

Kunci socket atau biasa dikenal dengan sebutan kunci sock adalah salah satu alat kerja bengkel yang paling umum digunakan oleh para mekanik atau pribadi yang hobi otak-atik motor atau mobil. Kunci sock merupakan kunci yang paling leluasa digunakan sekaligus lebih aman daripada dengan jenis kunci pas atau kunci ring. Bentuk dari kunci sock umumnya tabung dimana pada bagian tengahnya berongga dan berlubang. 

Kegunaan dari kunci socket ini adalah dalam melepaskan dan memasang baut atau mur yang ada di kendaraan seperti baut as roda, shockbreaker dan sebagainya. Hampir semua komponen pada kendaraan yang terdapat baut atau mur yang berbentuk segi enam dapat dilepas dan pasang dengan menggunakan kunci sock.  

Pada kunci socket umumnya terdiri dari 1 set, dan dalam 1 set kunci socket terdiri dari berbagai macam jenis ukuran dari mulai terkecil hingga besar. Sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran baut atau mur yang akan dilepas maupun dipasang.


MACAM-MACAM KUNCI SOCKET (SHOCKET WRENCH)

Berikut ini merupakan macam-macam jenis kunci socket atau socket wrench dan fungsinya: 

1. Ratchet 

Ratchet adalah kelengkapan kunci sock yang digunakan dalam melepas atau memasang baut atau mur yang sudah dalam keadaan longgar tanpa harus melepaskan kunci sock dari kepala baut atau mur. Mekanisme dari ratchet adalah menggunakan prisip roda gigi searah.

Dalam penggunaanya dalam proses melepas atau memasang cukup dengan cara menarik dan mendorong batang ratchetnya. Untuk mengubah arah putaran kunci sock, cukup dengan memutar kunci pembalik. Fungsi dari ratchet akan memudahkan dan efisien waktu dalam melepas atau memasang baut atau mur.


2. Batang Geser T (Sliding 'T' Bar) 

Pada batang geser T ini dipasang dengan kunci shock yang berguna untuk mengendorkan sebuah mur atau baut yang sangat kencang. Alat ini menggunakan dua pegangan yang digunakan untuk memberikan tekanan pada arah yang berlawanan.

Pada kunci shock ini cara penggunaannya adalah dengan mengeser ke kanan atau ke kiri untuk menentukan seberapa momen putar. 


3. Speed Handle 

Speed handle digunakan untuk melepaskan atau mengencangkan baut atau mur yang posisinya berada jauh dari jangkauan tangan dan tidak bisa menggunakan kunci pas atau ring untuk melepas baut atau mur tersebut. 


4. Batang Universal (Breaker Bar)

Pada kunci socket batang universal gagangnya dapat disambungkan dengan berbagai jenis shock untuk mengendorkan baut atau mur yang sangat kuat misalnya baut kepala silinder. Karena dengan gagang panjang akan menambah momen sehingga akan semakin ringan tenaga yang dihasilkan saat mengendurkan baut yang kencang. 


5. Batang Perpanjangan Sock (Socket Extension Bar) 

Batang perpanjangan atau socket extension bar digunakan bersama dengan ratchet atau alat yang sama yang berfungsi untuk menjangkau mur atau baut yang tidak terjangkau oleh kunci lain pada posisi tanpa batang perpanjangan. 


6. Sambungan Sock Universal (Universal Socket Joint Wrench) 

Sambungan sock universal ini digunakan untuk melepas atau memasang baut atau mur pada posisi yang tidak terjangkau dengan batang perpanjangan saja dan pada sambungan socket ini sudut dalam pengoperasiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan . 

Konstruksi dari alat ini berdinding sangat tebal dan kuat, sehingga alat ini dapat untuk digunakan dengan impact. 


7. Kunci Sock Segi Enam Ganda (Double Hex Socket) 

Kunci sock segi enam atau double hex socket memiliki konstruksi berdinding tipis dan dibuat untuk digunakan dengan alat penggerak yang dioperasikan dengan tangan. Sock ini multifungsi dikarenakan cocok dipakai pada mur atau baut dalam posisi yang berbeda-beda.



Demikian pembahasan kali ini mengenai macam-macam jenis dari kunci socket atau shocket wrench beserta dengan fungsinya. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Salam Teknika!

0 Response to "Macam-Macam Kunci Socket (Shocket Wrench) dan Fungsinya Lengkap dalam Peralatan Bengkel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel