-->

iklan bawah header

Perbedaan Oli Samping dan Oli Mesin pada Kendaraan Sepeda Motor 2 Tak yang Perlu Diketahui

Pengertian Oli - Siapa yang tidak tahu oli kendaraan? Kebanyakan orang akan tahu apa itu oli, apa pun kegunaan dan tujuannya pada kendaraan. 

Oli sendiri merupakan cairan atau pelumas yang bisa digunakan untuk semua barang bermesin, seperti sepeda motor atau mesin yang dilengkapi motor yang berguna untuk melumasi bagian yang bergesekan. Bentuknya sendiri merupakan bentuk cair dengan warna yang bermacam-macam sesuai dengan kegunaan dan kandungannya dalam oli. Untuk kali ini kita akan membahas mengenai oli apa saja yang ada pada sepeda motor.

Memiliki motor memang lebih mudah dari mobil dari berbagai tujuan. Selain menghemat waktu, perawatan juga dilakukan tidak lebih rumit dari mobil. Namun, penting juga untuk memahami perawatan pada kendaraan sepeda motor seperti penggantian oli mesin, memang harus dilakukan secara rutin.

Berbicara tentang oli motor, apakah anda sudah tahu ada beberapa motor yang performanya tidak hanya membutuhkan satu oli saja, seperti misal motor 2 tak. Sepeda motor dengan mesin 2 tak atau 2 langkah adalah teknologi mesin terbaik yang pernah ada. Mesin 2 tak dapat menggabungkan kombinasi kecil dan tidak terlalu besar. Namun mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang sangat besar. Hal ini mengakibatkan sebagian besar mesin 2 tak disematkan di banyak kendaraan berperforma tinggi. 

Disebut mesin 2 tak karena proses masuk dan keluar pada mesin 2 tak dilakukan hanya dalam dua langkah siklus kerja. Ketika piston berputar satu putaran (di bawah putaran itu dan kemudian naik ke atas), siklus hisap dan pembuangan selesai.

Pada kerja sepeda motor 2 tak membutuhkan paling tidak dua jenis oli, yaitu oli mesin dan oli samping. Keduanya membutuhkan perawatan rutin yang teratur agar kerja motor optimal. Tapi apakah kamu tahu perbedaan antara oli mesin dan oli samping? Jika tidak, silakan simak artikel berikut ini yang membahas beberapa perbedaan di antara keduanya.


OLI SAMPING

Oli samping mesin sepeda motor 2 tak juga penting karena cara kerjanya berbeda dengan oli mesin. Oli mesin yang digunakan pada mesin 2 tak ini hanya melumasi transmisi, bukan silinder. Oleh karena itu, oli pada mesin dua tak biasanya jarang diganti karena memiliki beban kerja yang sangat ringan dan tidak harus menghadapi gesekan yang besar. Oli samping akan masuk ke ruang engkol dan silinder bersama dengan bahan bakar. Setelah oli samping melumasi beberapa bagian mesin yang dilewati, kemudian dicampur dan dibakar di ruang bakar kemudian dibuang ke knalpot.

Oli samping menjadi nyawa pada motor dengan mesin 2 tak. Hal ini dikarenakan jika oli samping di ruang bakar habis maka akan menimbulkan efek yang merugikan, seperti efek pembakaran yang tidak sempurna, piston tidak terlumasi oleh pelumas, sehingga piston akan macet dan motor akan berhenti berjalan. Selain itu, motor juga mungkin lebih sulit dihidupkan. Oleh karena itu, oli samping memainkan peran penting dalam mesin 2 tak. 

Beberapa fungsi Oli samping adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Pelumas 

Seperti yang sudah di terangkan sebelumnya, salah satu fungsi penting oli samping adalah berfungsi sebagai pelumas piston atau bagian tertentu yang dilalui oli samping pada ruang bakar. Oleh karena itu, peran oli samping pada sepeda motor 2 tak jauh berbeda dengan oli mesin pada sepeda motor 4 tak, hanya kinerja dan cara masuknya saja berbeda dengan mesin 4 tak. 

2. Sebagai Penambah Performa

Maksud dari penambah performa adalah sebagai bahan tambahan khusus di ruang bakar karena pada oli samping terdapat jenis, merk dan tipe oli samping yang berbeda-beda sehingga akan mempengaruhi performa mesin dan juga penghematan BBM yang berbeda. Beberapa merk oli samping apabila di gunakan di motor 2 akan mengurangi asap ataupun menambah asap pada knalpot 2 tak maka tak asing apabila terdapat oli samping berlabel low smoke. Hal ini menandakan bahwa oli samping sangat berpengaruh pada kinerja ruang bakar. 

3. Menjaga Keawetan Silinder dan Head 

Menjadi salah satu fungsi utama dari oli samping  karena oli samping akan melumuri silinder dan head pada dalam mesin ruang bakar dimana akan mengurangi gesekan dan memperawet silinder dan head motor saat proses kerja motor. 

4. Sebagai Parfum 

Pernahkah Anda mencium asap sepeda motor dua tak baunya seperti permen karet. Nah, inilah salah satu kelebihan dari beberapa merek oli samping yang beredar di Indonesia. Oli samping juga bisa menjadi pengharum gas buang 2 tak, agar asap yang dihasilkan tidak berbau tidak enak.


OLI MESIN

Oli mesin adalah oli yang lebih umum digunakan untuk motor 4 tak atau 4 langkah yang memiliki fungsi untuk melindungi bagian-bagian mesin kendaraan. Saat ini motor  mempunyai ratusan merk oli mesin, baik itu motor bebek dengan transmisi manual maupun motor matik dengan transmisi matik. Memilih jenis dan merk mesin sepeda motor merupakan tantangan tersendiri  untuk mencapai performa sepeda motor yang terbaik.

Oli mesin merupakan salah satu elemen yang memiliki peran penting dalam sistem kerja mesin motor. Oli mesin punya fungsi penting dalam mengurangi gesekan-gesekan antar komponen dalam mesin seperti gear dan mekanisme kopling. Tujuannya, agar komponen-komponen mesin yang terdiri dari beberapa part vital tersebut tidak cepat rusak, sehingga membuat mesin motor panjang umur. 

Berikut ini merupakan fungsi dari oli mesin pada motor:

1. Sebagai Pendingin/Pengatur Temperatur Mesin 

Ada beberapa merk oli yang menggunakan title ahlinya dingin. Titel tersebut bukan sekedar omogan akan tetapi beberapa pabrikan oli justru menciptakan sebuah oli yang lebih fokus untuk menciptakan oli yang memiliki karakteristik untuk mendinginkan mesin. Oleh karena itu oli bisa menjaga temperatur dalam  mesin. 

2. Sebagai perapat 

Fungsi selanjutnya ini adalah fungsi yang memang untuk merapatkan antara piston dan silinder. Sebagai peredam Maksud dari peredam ini adalah peredam terhadap gesekan piston ataupun silinder. 

3. Sebagai Anti Karat 

Spare part yang di lalui oleh oli akan cenderung lebih kuat terhadapan serangan karat karena dalam oli terdapat kandungan yang bersifat melindungi dari serangan karat. 

4. Sebagai Pembersih 

Sebagai pembersih adalah tugas ke dua oli karena ketika oli bergerak , sering kali kerak yang menempel ataupun kotoran yang terdapat pada part yang di lalui oleh oli akan ikut terbuang ke pembuangan oli sehingga akan membersihkan piston ataupun silinder motor kita.


PERBEDAAN OLI SAMPING DENGAN OLI MESIN

Dalam hal perannya oli samping dan oli mesin memiliki tugas dan fungsi yang sama yaitu melindungi mesin dari gesekan dan membuat mesin awet. tapi ada beberapa berbedaan antara oli samping dan oli mesin yaitu : 

1. Oli  Samping 

  • Hanya untuk motor 2 tak 
  • Tempat memasukannya bersamaan dengan bensin 
  • Harus di tambah ketika motor menambah bahan bakar 
  • Hanya melumasi bagian tertentu yang di lewati oleh jalur bahan bakar beresiko apabila takaran berbeda 

2. Oli Mesin 

  1. Bisa untuk 2 tak tetapi hanya untuk melumasi bagian kopling dan transmisi 
  2. Bisa untuk 4 tak tetapi oli mesin 2 tak tidak tidak bisa di pakai untuk motor jenis 4 tak karena perbedaan kekentalan untuk kerjanya
  3. Tempat memasukannya berada di samping kanan bawah motor dan melumasi hampir semua  bagian mesin dalam motor
  4. Tidak perlu di tambah kecuali berkurang akibat bocor atau menguap 
  5. Wajib menganti apabila sudah waktunya


Demikian pembahasan kali ini mengenai perbedaan oli samping dengan oli mesin pada sepeda motor. Semoga dapat bermanfaat dalam memilih jenis oli yang digunakan pada sepeda motor. 

Salam Teknika!

0 Response to "Perbedaan Oli Samping dan Oli Mesin pada Kendaraan Sepeda Motor 2 Tak yang Perlu Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel