-->

iklan bawah header

Pengertian dan Macam Macam Istilah Dimensi Kendaraan

Dimensi kendaraan - Saat sobat melihat buku manual kendaraan / brosur mobil saat membeli tentunya kita ingin tahu apa saja kelebihan yang dimiliki produk tersebut. Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan memahami halaman spesifikasi kendaraan, yang biasanya terletak di bagian belakang manual. Di halaman ini, sobat akan menemukan sekumpulan data yang secara singkat menjelaskan tentang karakteristik teknis dan dimensi kendaraan yang disediakan. 

Dimensi Kendaraan adalah Jumlah Lebar keseluruhan, Panjang keseluruhan dan Tinggi keseluruhan. Disamping itu juga kita sering juga mendengar dan mengenal istilah Ground Clearance, Tread width dan Wheel Base.

Nah, jika Anda kurang paham dengan macam macam dimensi kendaraan, maka kali ini  kita akan membahas  mengenai masalah tersebut. Apa arti ukuran kendaraan / mobil, dan apa dimensi yang relevan? Silakan simak informasinya di artikel berikut ini.


1. Overall Length / Panjang Keseluruhan (mm) 

Overall Length adalah panjang keseluruhan dari bodi kendaraan yang diukur dari titik terdepan  (bumper) sampai dengan  titik  terbelakang kendaraan tersebut (termasuk  ban cadangan apabila ada, contohnya mobil jeep). Panjang dari kendaraan akan mempengaruhi kestabilan. Semakin panjang dari kendaraan maka semakin stabil saat dikendarai. 


2. Overall Width / Lebar Keseluruhan (mm) 

Overall width adalah lebar keseluruhan bodi kendaraan dari sisi kiri sampai sisi kanan, tidak termasuk kaca spion. Lebar kendaraan akan mempengaruhi kenyamanan saat berkendara. Semakin lebar kendaraan maka akan semakin nyaman untuk dikendarai. 


3. Overall Height / Tinggi Keseluruhan (mm) 

Overall Height adalah tinggi kendaraan yang dihitung mulai dari sisi bawah roda hingga atap paling atas kendaraan. Tinggi keseluruhan diukur saat kendaraan dalam kondisi kosong tanpa penumpang dan barang. Tinggi kendaraan dapat mempengaruhi kestabilan dalam berkendara, semakin tinggi kendaraan maka akan semakin kurang stabil. 


4. Wheelbase / Jarak Sumbu Roda (mm) 

Wheelbase adalah jarak pijak roda mobil yang dihitung dari titik tengah poros roda depan hingga titik tengah poros roda belakang kendaraan. Istilah yang sering digunakan oleh banyak orang untuk menggantikan wheelbase adalah jarak sumbu roda. 

Jarak sumbu roda akan mempengaruhi besaran gaya yang bekerja di setiap pasang roda kendaraan sehingga dapat mempengaruhi kestabilan dan kenyamanan saat berkendara. Semakin penjang dari jarak sumbu roda, mobil akan menjadi lebih stabil pada trek lurus namun sulit bermanuver saat berbelok atau putar balik. Sedangkan untuk jarak sumbu roda pendek, mobil akan menjadi lebih mudah bermanuver namun kurang stabil di trek lurus. 


5. Ground Clearance / Jarak Terendah (mm) 

Ground Clearance adalah jarak yang dihitung dari bagian paling rendah dari sebuah kendaraan (tanpa penumpang dan beban) sampai permukaan tanah (ground). 


6. Front Tread / Jarak Pijak Depan (mm) 

Front Tread adalah jarak antara roda kiri dan kanan yang dilihat dari bagian depan kendaraan dihitung dari sumbu roda 


7. Rear Tread / Jarak Pijak Belakang (mm) 

Rear Tread  adalah jarak  antara roda kiri dan kanan yang ada dilihat dari bagian belakang kendaraan dihitung dari sumbu roda. 


8. Approach Angle 

Approach Angle adalah sudut imajiner (imajinasi) yang terbentuk dari titik paling luar ban depan dengan titik paling depan dari bodi kendaraan (bumper depan).  Semakin besar Approach Angle-nya (mendekati sudut 90 derajat), maka semakin memudahkan kendaraan saat menaiki jalan terjal tanpa takut bumper depannya tersangkut permukaan jalan atau tanah. 


9. Departure Angle 

Departure Angle adalah sudut imajiner (imajinasi) yang terbentuk dari titik paling luar ban belakang dan bodi paling belakang kendaraan (bumper belakang). Jika approach angle untuk bagian depan, departure angle untuk bagian belakang, jika besarnya sudut mendekati 90 derajat maka akan mempermudah kendaraan saat menuruni jalan terjal 


10. Curb Weight / Berat Kosong (kg) 

Curb weight adalah berat kosong, berat kosong di sini diartikan bahwa berat ini adalah berat kendaraan tanpa penumpang dan muatan, namun tetap termasuk dengan isi bahan bakar dalam kondili full tank (penuh), air radiator beserta cadangannya, oli mesin serta beberapa peralatan standar sesuai dengan spesifikasi pabrik. 

11. Gross Vehicle Weight / Berat Kotor (kg) 

Gross Vehicle Weight adalah berat kotor kendaraan, maksudnya adalah berat total kendaraan dengan muatan penuh sesuai dengan berat yang diijinkan. Misalnya kendaraan anda terbatas untuk 4 penumpang ( 4 seater ), maka Gross Vehicle Weight ini akan di hitung berdasarkan berat kosong kendaraan ditambah dengan berat 4 penumpang dan berat barang.


Diatas merupakan pemabahasan mengenai pengertian dimensi dari kendaraan dan penjelasan macam-macam dimensi tersebut apa saja dalam kendaraan. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Salam teknika!

0 Response to "Pengertian dan Macam Macam Istilah Dimensi Kendaraan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel