-->

iklan bawah header

Jenis dan Macam-Macam Ruang Bakar pada Mesin Bensin

Ruang bakar - Apakah Anda pernah mendengar istilah "ruang bakar"? Ruang bakar atau combustion chamber adalah tempat pembakaran campuran bahan bakar dan udara di dalam silinder mesin. Ruang bakar sendiri terletak di kepala silinder. Di ruang bakar, langsung terhubung ke katup masuk (intake) dan katup keluar (exhaust).

Selain itu, busi juga dipasang di kepala silinder sehingga busi juga langsung terhubung ke ruang bakar. Bentuk ruang bakar semua kendaraan belum tentu sama, biasanya dipengaruhi oleh komponen yang langsung terhubung ke ruang bakar. Selain itu, ruang bakar juga didesain untuk menghasilkan pembakaran yang optimal. Secara umum terdapat empat jenis ruang bakar pada sepeda motor bensin, yaitu uang bakar model setengah bulat, ruang bakar model baji, ruang bakar model bak mandi dan ruang bakar model pent roof. 


Berikut ini merupakan penjelasan dari masing-masing ruang bakar tersebut:

MODEL-MODEL RUANG BAKAR PADA MESIN

1. Ruang bakar Model Setengah Bulat  (Hemispherical Combustion Chamber)

Ruang bakar model setengah bulat  (Hemispherical Combustion Chamber) ini mempunyai pemukaan yang kecil di banding dengan jenis ruang bakar lain yang memiliki kapasitas yang sama dengan permukaan ruang bakar setengah lingkaran. Permukaan yang lebih kecil memiliki keunggulan efisiensi panas yang lebih optimal karena kehilangan panas yang kecil dan struktur yang digunakan untuk ruang bakar, di samping itu memungkinkan eisiensi saat permukaan dan pembuangan (intake dan exhaus) lebih tinggi. 


Namun ruang bakar model ini juga memiliki kekurangan, kekurangan dari ruang bakar berbentuk setengah lingkaran ini adalah penempatan mekanisme klepnya akan lebih rumit dari model lainnya.


2. Ruang Bakar Model Baji (Wedge Type Combustion Chamber) 

Ruang bakar model baji ini memiliki konstruksi yang sederhana sehingga penempatan katupnya akan lebih mudah. Selain itu, kelebihan ruang bakar model baji ini adalah untuk efisiensi panasnya juga optimal karena panas yang hilangnya juga kecil. Untuk model ini sangat popular digunakan.


3. Ruang Bakar Model Bak Mandi (Bath Up Type Combustion Chamber)

Ruang bakar model bak mandi atau bathtub memiliki struktur yang mirip dengan bathtub. Struktur ruang bakar model sangat sederhana. Diameter kepala katup dari katup yang digunakan di ruang bakar model ini lebih kecil, sehingga memudahkan konstruksinya. Kelebihan lain dari ruang bakar model ini, karena ruang bakar model ini berbentuk bak, diharapkan pada saat proses pemasukan campuran gas bakar dan udara dapat terbentuk pusaran gas setelah ruang bakar untuk memaksimalkan proses pembakaran. Akibat kekurangan ruang bakar model bathtub ini, efek langkah intake dan exhaust tidak sebaik model lainnya karena diameter kepala klep lebih kecil.


4. Ruang Bakar Model Pent Roof



Ruang bakar atap berbentuk persegi panjang atau pent roof. Model ini biasanya digunakan untuk mesin dengan lebih dari dua katup per silinder. Ruang bakar model ini dinamakan "roof" karena bentuknya yang hampir mirip dengan atap rumah. Busi ditempatkan di tengah ruang bakar pada model ini. Keunggulan dari ruang bakar model ini adalah proses pembakaran akan lebih cepat dan campuran hasil pembakaran akan lebih banyak menghirup gas. Selain itu, langkah knalpot untuk pembakaran knalpot akan lebih baik dari model lainnya


Demikian pembahasan mengenai macam dan jenis ruang bakar pada mesin bensin. Semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "Jenis dan Macam-Macam Ruang Bakar pada Mesin Bensin "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel