-->

iklan bawah header

Komponen Mesin dan Fungsinya pada Kendaraan

Bagian-bagian Komponen Mesin

    Bagian-bagian komponen mesin memiliki fungsi penting yang akan mempengaruhi performa mobil dan membuatnya berjalan normal. Mobil dibagi menjadi beberapa sistem bagian utama, seperti bagian sistem utama, sistem pelumasan, sistem pendingin, dll. Bagian-bagian tersebut masih dapat dibagi menjadi beberapa kategori. Namun secara garis besar, bagian-bagian mesin mobil terbagi menjadi dua, yaitu bagian mesin yang tidak dapat digerakkan dan bagian mesin yang dapat digerakkan. Simak pembahasan di bawah ini untuk lebih jelasnya!




Bagian-bagian Komponen Mesin dan Fungsinya:

1. Blok Silinder

    Perlu memperhatikan bagian mesin mobil yang dapat membuat mobil bekerja dengan baik salah satunya adalah blok silinder. Blok silinder merupakan salah satu komponen utama mesin mobil dan menjadi dasar dari mesin mobil. Blok silinder juga digunakan sebagai penyangga mekanisme engkol. Pada bagian blok silinder terdapat beberapa silinder mesin, dan pada setiap silinder terdapat piston yang terletak di salah satu ujung batas piston. Pada saat yang sama, ujung batang lainnya dihubungkan oleh poros engkol. Naik dan turunnya piston menggerakkan bagian engkol.



2. Silinder

    Komponen ini digunakan untuk mentransfer panas ke tenaga mekanik. Jika ingin mendapatkan tenaga mesin terbaik, Anda harus bisa mencegah terjadinya kebocoran gas pembakaran di antara piston dan silinder. Penggunaan silinder jamak biasanya disusun berdampingan secara berjajar di blok mesin. Silinder biasanya dilapisi dengan lapisan Nikasil. Bentuk silinder memang sangat rumit, namun Anda harus selalu bisa menjaga komponen tersebut agar berfungsi dengan baik. Jika ada masalah atau kerusakan, alat tersebut harus diganti dengan spare part yang beredar di pasaran. Mengetahui berbagai macam bagian mesin mobil (meski terkadang terkesan ribet), Anda tetap perlu memperhatikan agar mobil selalu dalam kondisi terbaiknya.



3. Kepala Silinder

    Kepala silinder atau Head cylinder adalah bagian dari mesin dan dipasang ke blok silinder atas dengan baut dan ring. Biasanya, komponen ini terbuat dari campuran lain dari besi tuang dan aluminium, yang dapat membatasi pemuaian. Kepala silinder memiliki ruang bakar yang biasanya digunakan sebagai tempat busi dan mekanisme katup untuk mesin empat tak. Selain itu, terdapat tambahan penutup pendingin yang disambungkan ke blok silinder untuk mendinginkan busi dan katup yang terdapat di komponen tersebut.



4. Carter Oil

    Carter oil atau bak oli merupakan komponen mobil yang fungsinya menampung oli mesin yang digunakan untuk melumasi semua komponen mesin. Rakitan mesin mobil terletak di bagian bawah blok silinder. Ada sumbat penguras oli di bak mesin atau wadah oli untuk mengganti oli. Untuk menghindari kebocoran mesin mobil, bak mesin dipasang baut dan paking tambahan dipasang di antara poros engkol dan bak mesin.



5. Piston

    Piston bisa disamakan dengan jantung mesin, karena komponen ini berhubungan langsung dengan proses pembakaran yang menghasilkan energi untuk bergerak. Piston akan bergerak naik turun untuk menghasilkan energi, lalu diteruskan ke mekanisme engkol, flywheel ke transmisi tenaga dan penggerak roda. Oleh karena itu, piston dituntut untuk bekerja pada kecepatan maksimal. Ciri dari bagian ini adalah dapat menahan suhu dan tekanan tinggi yang terjadi akibat pergerakan dan proses pembakaran yang terjadi di dalamnya. Bentuk kepala piston ada beberapa jenis yaitu datar dan cembung.


6. Batang Piston

    Batang piston atau batang penghubung merupakan salah satu komponen dari mesin mobil dan fungsinya untuk menghubungkan piston ke poros engkol. Dengan cara ini, energi yang diterima piston akan diarahkan ke poros engkol dan diubah menjadi energi rotasi.



7. Poros Engkol

    Poros engkol merupakan salah satu komponen mesin mobil yang berfungsi mengubah gerak linier piston pada silinder menjadi gerak rotasi batang piston. Poros engkol juga berperan dalam menjaga agar piston tetap bergerak normal.



8. Ring Piston

    Ring piston merupakan komponen yang digunakan untuk menutup piston dengan blok silinder, sehingga tidak terjadi kebocoran selama langkah kompresi. Ada dua jenis ring piston yaitu pegas kompresi.




Komponen mesin mobil lain yang dapat menunjang performa mobil

Selain suku cadang mesin mobil yang telah disebutkan di atas, terdapat komponen lain yang turut andil dalam performa mesin mobil tersebut. Komponen tambahan ini meliputi: 

  1. Sekring merupakan komponen tambahan untuk mencegah terjadinya arus pendek pada mesin mobil. 
  2. Kunci kontak merupakan bagian yang dapat menghubungkan dan memutus aliran listrik mobil. 
  3. Amper meter, bagian yang dapat mengontrol arus. 
  4. Regulator adalah komponen yang digunakan untuk mengubah arus bolak-balik menjadi arus searah. 
  5. Karburator merupakan bagian dari mesin mobil yang dapat dicampur dengan bahan bakar mobil. 
  6. Intake manifold, pipa bahan bakar gas alam baru. 
  7. Exhaust manifold, inilah komponen yang dapat mendistribusikan sisa pembakaran. 
  8. Tutup radiator Bagian ini menahan tekanan air.
  9. Radiator, yang digunakan untuk menampung dan mendinginkan air radiator. 
  10. Bagian atas radiator merupakan komponen yang digunakan untuk menampung air panas. 
  11. Saluran pembuangan merupakan komponen tambahan yang dapat digunakan untuk menampung air dingin. 
  12. Kepala silinder merupakan bagian yang digunakan sebagai pelindung tekanan air. 
  13. Tutup kepala silinder Kepala silinder merupakan salah satu komponen yang digunakan sebagai alat pelindung mekanisme katup. 
  14. Starter motor, itu adalah penggerak tidur mesin. 
  15. Thermostat merupakan salah satu komponen yang dapat mengoptimalkan kinerja mesin.
  16. Alternator adalah komponen yang berfungsi sebagai generator dan tenaga baterai. 
  17. Kipas angin merupakan komponen yang membantu mendinginkan mesin dan bagian luar radiator mesin. 
  18. Busi merupakan bagian tambahan dari pemantik api.
  19. Pompa air, bagian ini dapat mengatur sirkulasi air pendingin di mesin ke radiator. 
  20. Saklar temperatur, bagian ini berfungsi untuk mengatur temperatur saat mesin bekerja. 
  21. Blok mesin, bagian ini berfungsi sebagai dudukan beberapa komponen (seperti poros engkol, busi, dll). 
  22. pompa bensin, komponen yang digunakan untuk memompa bahan bakar atau bensin. 
  23. Fly Wheel merupakan komponen yang dapat membuat mesin kendaraan terus berputar ke sistem transmisi dan kopling mobil. 
  24. Filter, digunakan sebagai bagian dari filter bahan bakar di pompa bahan bakar . 
  25. Katrol merupakan komponen tambahan yang dapat digunakan sebagai penopang panbell. 
  26. Carter oli, digunakan untuk mengukur kondisi dan jumlah oli mobil.

0 Response to "Komponen Mesin dan Fungsinya pada Kendaraan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel