-->

iklan bawah header

Macam-Macam Penggaris dan Penggunaannya

    Peralatan gambar teknik yang akan kita pelajari selanjutnya adalah penggaris. Sebagaimana diketahui bahwa penggaris adalah alat yang digunakan untuk memudahkan untuk membuat garis lurus. Dengan menggunakan penggaris maka dapat membuat garis dengan lurus dan sesuai dengan ukuran.


Pembahasan dari materi ini meliputi: pengenalan macam-macam penggaris, dan cara penggunaan penggaris dalam membuat gambar teknik,

Untuk menambah pemahaman dan pengalaman tentang macam-macam penggaris dan penggunaannya, mari kita pelajari materi berikut.

1. Macam-Macam Penggaris

    Macam-macam penggaris yang digunakan dalam menggambar teknik mempunyai bentuk dan kegunaan yang berbeda-beda. Macam-macam penggaris yang biasa digunakan dalam menggambar teknik antara lain:

 a. Penggaris Segitiga

    Penggaris segitiga merupakan penggaris yang terdiri atas dua buah segitiga siku-siku yang masing-masing penggaris bersudut 90°, 60° dan 30°, dan penggaris bersudut 90°, 45°, dan 45°. Kedua penggaris segitiga tersebut adalah penggaris yang sepasang, karena satu set penggaris segitiga terdapat dua penggaris segitiga.

    Dinamakan penggaris segitiga karena bentuknya segitiga. Penggaris segitiga pada gambar teknik digunakan untuk menarik garis tegak, miring ataupun sejajar, dan membuat garis yang membentuk sudut-sudut istimewa seperti sudut 30°, 45°, 60°, dan 90°. Skala ukuran pada penggaris segitiga terdapat skala cm dan inchi sehingga memudahkan ketika penggambaran gambar teknik. 


b. Penggaris-T 

    Penggaris T merupakan penggaris yang memiliki bentuk T. Penggaris T dapat digunakan berpasangan dengan penggaris segitiga. Penggaris T terdiri atas dua bagian, yaitu bagian batang yang panjang dan bagian kepala yang pendek. Sudut antara bagian batang dengan kepala adalah 90°.


    Penggunaan penggaris ini adalah dengan menekankan kepalanya pada tepi kiri dari meja gambar, dan menggesernya ke atas atau ke bawah. Dengan menggunakan penggaris T, akan dapat menarik garis lurus mendatar ataupun tegak.


2. Penggunaan Penggaris Segitiga dalam Menggambar

    Dalam menggambar teknik sering membuat garis tegak lurus, garis sejajar tegak, garis sejajar mendatar, garis-garis miring serta membuat sudut-sudut tertentu. Untuk menggambar garis tersebut biasanya dilakukan dengan menggunakan sepasang penggaris segitiga. Selain itu, dapat dilakukan dengan bantuan penggaris yang lainnya seperti penggaris T, maupun busur derajat. 

a. Membuat Garis Tegak Lurus

Membuat garis tegak lurus dapat dilakukan dengan sepasang penggaris segitiga dan juga dapat dibentuk menggunakan penggaris T dengan penggaris segitiga. Berikut akan dijelaskan cara membuat garis tegak lurus.

1) Letakkanlah penggaris 45° mendatar dengan posisi ke 1.

2) Setelah itu, letakkan penggaris 30/60° rapat pada sisi bawah dan penggaris ditekan secukupnya supaya posisi tidak bergeser. 

3) Buatlah garis sejajar sumbu x dengan geserkan penggaris 45° ke atas atau ke bawah, sesuai dengan kebutuhan. Pada saat membuat garis lurus kedua mistar dapat ditekan.

4) Putarlah penggaris 45° menjadi posisi ke-2 untuk membuat garis yang sejajar dengan sumbu y atau garis yang tegak lurus dengan sumbu x.

Dengan mengikuti cara di atas, kamu dapat membuat garis mendatar dan garis tegak, membuat garis menggeser segitiga 45° pada posisi ke-1 dan memutar penggaris 45° ke posisi 2.


b. Membuat Garis Vertikal dan Sejajar

Untuk membuat garis sejajar tegak sama panjang dilakukan dengan cara yang berbeda dengan teknik menggambar garis tegak lurus.

1) Buatlah garis mendatar sebagai acuan untuk membuat garis tegak.

2) Letakkanlah penggaris segitiga kemudian rapatkan bagian sisinya pada garis mendatar. 

3) Kemudian, letakkanlah penggaris segitiga lainnya (2) dengan posisi rapat pada garis acuan yang dibatasi oleh sisi segitiga. 

4)Tariklah garis tegak dengan menggeser segitiga (2), dari kiri ke sebelah kanan. Pada saat pergerakan penggaris diusahakan tidak menutupi garis-garis sebelumnya.


c. Membuat Garis Sejajar Mendatar

Membuat garis sejajar mendatar dengan sepasang penggaris segitiga. 

1) Buatlah garis tegak sebagai acuan untuk membuat garis mendatar.

2) Letakkanlah penggaris segitiga (1), kemudian rapatkan bagian sisinya pada garis tegak sebagai acuan.

3) Letakkanlah penggaris segitiga (2) dengan posisi rapat pada garis tegak sebagai acuan yang dibatasi oleh penggaris segitiga. 

4) Buatlah garis mendatar dengan menggeser segitiga (2), dari atas ke sebelah bawah. Usahakan pergeseran penggaris tidak menutupi garis-garis sebelumnya.


d. Membuat Garis Sejajar Miring 

    Membuat garis sejajar miring dengan menggunakan sepasang penggaris segitiga dapat dilakukan untuk berbagai fungsi seperti untuk membuat garis arsir.

1) Buat garis tegak sebagai acuan untuk membuat garis mendatar. 

2) Letakkanlah penggaris segitiga (1) dan rapatkan bagian sisinya pada garis acuan/ tegak.

3) Letakkan penggaris segitiga lainnya (2) dengan posisi rapat pada garis acuan yang dibatasi oleh segitiga. 

4) Buatlah garis mendatar dengan menggeser segitiga (2), dari atas ke sebelah bawah. Usahakan pergeseran penggaris tidak menutupi garis-garis sebelumnya


e. Membuat Sudut-Sudut Tertentu

    Membuat sudut menggunakan penggaris segitiga, seperti 30°, 45°, 60°, dan 90° dapat digunakan secara langsung. Namun, untuk membuat sudut-sudut lainnya yaitu dapat dibuat dengan menggunakan sepasang penggaris antara lain sudut 15°, 75°, 105°, dan 165°. 

    Berikut akan ditunjukkan contoh cara untuk membuat sudut-sudut menggunakan penggaris segitiga.

1) Membuat sudut 15°

Perhatikan gambar di bawah dengan cermat!

Dengan menggunakan sepasang penggaris segitiga dapat membentuk sudut 15° dengan cara meletakkan penggaris 45°  kemudian rapatkan penggaris 90° seperti pada gambar diatas


2) Membuat sudut 75°

Perhatikan gambar di bawah dengan cermat!

Untuk membuat sudut 75° dapat dilakukan dengan meletakkan penggaris 90°, selanjutnya meletakkan dan merapatkan penggaris 45', maka akan membentuk sudut 75° seperti yang ditunjukkan pada Gambar


3) Membuat sudut 105° 

Perhatikan gambar di bawah dengan cermat!

Jika akan membuat sudut 105° dengan menggunakan sepasang penggaris segitiga dapat dilakukan dengan meletakkan penggaris 45°, kemudian penggaris segitiga 30° kita rapatkan, maka akan membentuk sudut 105°.


4) Membuat sudut 165° 

Perhatikan gambar di bawah dengan cermat!

Pertama kita perlu membuat sebuah garis lurus, kemudian letakkan penggaris 45° dengan posisi berdiri, kemudian rapatkan penggaris segitiga 30° dengan penggaris 45°. Dengan demikian antara garis acuan membentuk sudut 165° dengan tepi penggaris 30°. 

    Setelah kamu mempelajari tentang penggunaan penggaris segitiga, dapatkah kamu menerapkannya dalam kegiatan menggambar teknik?


0 Response to "Macam-Macam Penggaris dan Penggunaannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel